6.10.2010

Melajang, Salah ya...?

Hari ini, kerjaan saya di kantor (saya suka banget ni sama statemen ini, soalnya saya ga nganggur lagi, ga gila lagi gara-gara nganggur) lagi santai (kaya di pantai). Ya jelas lah, secara saya habis kerja rodi dua minggu kemarin, pontang-panting ngejar target. Break lah bentar. Awal minggu, gila lagi. Ngejar target lagi. Hehehehehehe.. Ga penting juga si intermezzonya, jadi ga jelas saya mau cerita apa..hihihihihihihihi..

Jadi gini, karena hari ini saya santai, saya melakukan sesuatu yang disebut manipulasi waktu. Gayanya aja saya serius di depan komputer, tapi buat blogging.. Nanti kalau ada yang masuk, saya ganti lah page, ke web-web yang berisi materi kerjaan saya. Ketika saya blogging, ada satu tulisan menarik tentang “Pernikahan Merupakan Pencapaian Terbesar”. Bagi saya, tulisan itu keren. Fenomena wanita sukses, pendidikan tinggi dengan pekerjaan oke. Penampilan wah dengan body sedap dipandang. Tapi, masih melajang. Pasti lah, kalau lagi kumpul-kumpul temen, keluarga, pertanyaan yang muncul: Kapan merit? Dijawab ga tau, dibales lagi: Kenapa si ga mau merit. Hadaaaah..

Sayangnya, pertanyaan-pertanyaan yang mengganggu itu, sering-seringnya, muncul dari sesama perempuan yang sudah menikah. Waduh, ga setia kawan ni. Ngejatuhin temen sendiri. Mungkin, memang bawaannya perempuan kali ya, suka sekali berkompetisi. Kalau ada temennya yang belum merit, dia merasa menang. “Yeyeyeaaah, temen gue ga laku. Gue laku.” Atau sebenarnya, pengen bisa sekolah tinggi, kerja mapan, duit banyak dari hasil kerja sendiri tapi keburu merit, iri, jadi berusaha menjatuhkan temen sendiri.

Siapa si yang ga pengen merit, punya anak yang lucu-lucu, keluarga yang oke? Semua mau lah pasti. Tapi prioritas orang kan beda-beda nih. Kaya di blog itu, ada yang komen,” Kalau yang di depan mata itu tawaran buat studi overseas, masa ya ga saya ambil. Mo merit, yang dimerit’in juga belum ada.” Masa iya, kita harus ngikutin kata orang,”Meskipun belum ada calon, jangan si diambil tawaran itu. Nanti bikin kamu tambah susah dapet jodoh.” Preeeeeeeet..

Beruntunglah orang yang studi tinggi, pekerjaan oke, merit cepet. Kaya temen-temen saya sekolah paska sarjana dulu. S2, pacar siap melamar, begitu ijazah keluar, dilanjut ijab sah, selesai ijab sah, dapet kerja di perusahaan mentereng. Saya juga mau laaaaah kalau begitu itu. Masalahnya, jatah orang ada sendiri-sendiri katanya. Kalau itu belum jadi jatah kita, gimenong? Kita buang aja jatah kita, ngerebut jatah dia?

Jatah saya saat ini sepertinya masih pada fase melajang. Kecemasan itu ada lah, mengingat teman-teman saya taken one by one. Kalau kumat melo yelo belonya, saya suka nanya: “Kapan saya taken?” atau “Ada ga ya yang mo take saya?” Hahahahahahaha..silly, tapi itu realita.
Nanti, kalau saya sedang tenggelam dalam kerjaan, saya suka mbatin: “Untung saya masih lajang, ga kepikiran ninggalin anak kelamaan, ga bertengkar sama suami gara-gara pulang malem.”

Saya masih belajar banyak untuk dealing dengan kondisi saya sekarang. Ga pernah mudah. Siapa bilang jadi lajang itu mudah? Banyak godaannya, terutama dari para lelaki yang suka sekali cari iklan di kehidupan perkawinan mereka. Fasilitas yang ditawarkan, ampun-ampun. Dari fasilitas level rendah, seperti pulsa yang terisi dengan sendirinya hingga tawaran posisi asoy geboy di perusahaan asing besar. Merem melek mata saya kalau nemu godaan kaya gini. Tapi ya itu tadi, namanya juga godaan. Cuma menggoda. Ga serius. Belum lagi nanti disirikkin sama para perempuan yang khawatir suami-suaminya lari. Hadaaaaah... Pernah ya, saya jengkelnya setengah mati, lelakinya yang genit, saya yang kena apesnya. Lha saya ga ngapa-ngapain, kok saya dibilang ngegangguin suami orang. Ya oloooooh..

Saya pernah bilang sama sahabat saya kalau saya mulai bisa menikmati kesendirian saya. Gimana ga susah ya, saya ini masuk di lingkungan baru yang notabene semua sudah menikah. Saya ga punya temen nongkrong atau ngobrol yang sepikir. Kesepian saya. Kemana-mana, sendiri. Haduh, ampun-ampun. Secara, saya ini anti soliter mampus. Ekstrovert sejati yang sangat menyukai berinteraksi dengan orang. Berdarah-darah saya di awal-awal. Ada sih yang bersedia diajak nongkrong-nongkrong, ngobrol-ngobrol, enak diajak ngobrolnya, tapi sudah punya bini. Bisa dirajam nanti saya, dibilang melakukan usaha merebut suami orang. Tiap hari saya memaki: “Gue juga ga mau kali kaya begini, tapi kalo gue emang lagi begini, masa iya gue maksa kawin.” Bodoh memang terkadang saya itu. Silly. Hahahahahahahaha..

Tapi eniwei, bener lah yang di blog itu bilang, menikah melajang sama enaknya sama sulitnya. Sama lah semuanya itu. Sudah ada porsinya sendiri-sendiri. Kalau melajang tampak lebih menyenangkan dari menikah, ya itu pas circlenya saja. Kebetulan lagi di putaran yang enak. Menikah juga begitu. Jangan sih kaya orang susah, Toetiek. Go go power ranger aja lah..

Go go you, girl.. Yes, you can..

5 komentar:

debbienaomi mengatakan...

"Masa iya, kita harus ngikutin kata orang,”Meskipun belum ada calon, jangan SI diambil tawaran itu. Nanti bikin kamu tambah susah dapet jodoh.” Preeeeeeeet.." "JANGAN SI KAYAK ORANG SUSAH" hahahaha. it's soooo you. miss you.

well, sebagai anak kemarin sore yang belum pecah telurnya, saya jawab, melajang itu tidak salaaahhhh! so, i'm with you:) segala sesuatu ada waktunya. Tuhan selalu kasih tepat waktu. terkadang manusia yang memaksa tuhan menuruti time tablenya. melimitasi cara kerja Tuhan.

hhmmm istilah manusiawinya, (teringat kak techa) menghabiskan stok kegagalan mungkin? hehe. love you my mbak toetik:)

Anonim mengatakan...

hahhahaha..debi udah pake qoute ku duluan ya?gpplah...
tenang mba tut...
Kalo menurutku sih ya setiap orang kan pasti punya prioritas, ntah itu mau nikah, mau kuliah, mau kerja,dll...
jadi buat apa maksain diri?setiap prioritas kan dibarengi dengan resiko dan konsekuensinya kan?

setuju dengan kalimat terakhir di blog semua sama ajalah mau lajang mau nikah, pasti ada bagian enak plus ga enaknya...

tenang sih,,,pasti taken pada waktunya,,kayak ga punya Tuhan aja..hehehehe...peace mb...

Jeng Toet mengatakan...

tenang tenang..tenang ni tenang..barusan dapet lagu I am woman soalnya..hohohohohohohoho..

No longer a bluebloodgirl mengatakan...

Mbae... aku pun masih betah jomblo...
(positifnya aku ga dikejar target merit).
Tapi ko aku jadi ngebet ama lelaki ya sekarang... seperti HBL...
*HBL sangat malah...
huw huw huw

Anonim mengatakan...

baca tulisanmu yg ini bikin aku sangat merindukan dirimu, hehehehhe...

mulai bosan ditanyain ttg itu terus
-maya-

Posting Komentar